Elemen-elemen Sistem Informasi




Jumpa lagi :D , hhmm, langsung aja kali yah ke topik pembahasannya. silahkaaan.. :)

Sistem informasi terdiri dari elemen-­elemen yang  terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik.
1.  Orang
Orang  atau  personil yang  dimaksudkan yaitu  operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi / EDP
  
2.  Prosedur
Prosedur merupakan  elemen fisik. Hal ini di sebabkan  karena  prosedur  disediakan  dalam bentuk  fisik seperti buku  panduan dan  instruksi. Ada  3  jenis prosedur  yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.

3.  Perangkat keras
Perangkat keras bagi suatu  sistem informasi terdiri atas komputer  (pusat pengolah, unit masukan / keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran.

4.  Perangkat lunak
Perangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama :
a. Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen  data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.
b. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.
c. Aplikasi pernagkat lunak  yang  terdiri atas program yang secara spesifik  dibuat untuk setiap aplikasi.
5.  Basis data
File  yang  berisi program dan data  dibuktikan dengan adanya  media  penyimpanan secara Fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.

6.  Jaringan komputer
Jaringan komputer  adalah sebuah kumpulan komputer, printer  dan peralatan lainnya  yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel­kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan Pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data

7.  Komunikasi data
Komunikasi data  adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang  secara  khusus berkenaan  dengan  transmisi atau  pemindahan  data  dan informasi diantara komputer komputer  dan piranti­piranti yang  lain dalam bentuk  digital yang  dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data  merupakan bagian vital dari suatu  sistem informasi karena  sistem ini menyediakan infrastruktur yang  memungkinkan komputer­komputer  dapat berkomunikasi satu sama lain.




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Cari Tahu Yuk!!

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger